ActionScript merupakan bahasa program yang digunakan oleh para animator dalam menciptakan sebuah animasi dalam Flash. Penguasaan bahasa program ini tentu saja sangat berguna. Sebelum berkenalan lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman dengan ActionScript. Bahasa pemrograman digunakan untuk mengirim serta menerima informasi dari komputer. Bahasa pemrograman itu sendiri adalah kumpulan dari kode-kode yang digunakan untuk berkomunikasi. Program Macromedia Flash memiliki bahasa pemrogram yang dikenal dengan nama ActionScript yang dibuat berdasarkan model standar ECMAScript (ECMA-262). Bahasa pemrograman lain yang menggunakan model yang sama adalah JavaScript. Jadi, dengan kata lain struktur pemrograman Action-Script memiliki kesamaan dengan JavaScript yaitu (.) dot syntaxt. ActionScript pada Flash MX telah mengalami banyak perubahan dari beberapa versi sebelumnya yaitu Flash 4 dan 5, sehingga jika Anda telusuri lebih jauh, cukup banyak syntaxt yang sudah tidak dapat digunakan lagi (baca: tidak kompatibel) pada versi Flash MX maupun Flash cs3 (versi terbaru). Pengenalan Action Panel & Library Panel Action Panel Dalam pemrograman di Flash semua kode syntaxt ditulis di dalam ActionPanel. Action Panel sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Normal Mode dan Expert Mode. Penempatan ActionScript terdiri dari dua cara, yaitu:

  • Menempelkan script pada object (movieclip dan button).
  • Menempatkan script pada Timeline frame.

Apabila Anda akan memasukkan ActionScript dalam mode normal, Anda harus memilih jenis syntaxt,

kemudian menekan nama syntaxt di Action toolbox. Secara atomatis kode syntaxt yang Anda pilih akan tampil di Script pane yang tidak bisa diedit. Sedangkan dalam mode ahli (expert) Anda dapat memasukkan kode dalam script dengan carayang sama dengan mode normal. Atau, Anda dapat mengetikkannya langsung di Script pane, karena pada mode ini Script pane menjadi area yang dapat diedit secara manual. Library Panel Library Panel adalah tempat semua obyek yang kita gunakan dalam suatu file flash yang sedang kita kerjakan. Seperti yang dapat Anda lihat di atas, setiap obyek di dalam library panel dilambangkan oleh sebuah icon yang berada di samping setiap nama obyek tersebut. Bisa Anda perhatikan bahwa arti setiap symbol ini di jelaskan dalam kolom “Kind”. Symbol terdiri dari instance, seperti grafik dan sound. 1. Mengimpor Grafik dan Suara Untuk mengimport grafik yang akan Anda gunakan di dalam library Flash movie Anda, masuk saja ke dalam menu “File | Import to Library | Import as a single flattened bitmap”. Sedangkan untuk mengimport Sound, klik “File | Import to Library”. Dengan demikian sound tersebut akan tampil di dalam library panel Anda. Sebaiknya grafik atau foto yang Anda gunakan berformat .PNG. Untuk mengconvert grafik atau foto ke dalam format tersebut, Anda dapat menggunakan Macromedia Fireworks. Software ini mengoptimisasikan grafik Anda untuk di gunakan ke dalam Flash. Selain itu, hasil akhir grafik Anda dalam Flash movie akan terlihat lebih baik. 2. Mengimpor Grafik dan Suara Semua grafik atau sound (instance) yang akan digunakan dalam Flash sebaiknya di-convert menjadi symbol. Ketik F8 untuk mengubah instance menjadi symbol. Anda dapat melakukan pengubahan (editing) pada property dari setiap symbol, seperti warna dan ukuran. 3. Button Button adalah movie clip interaktif yang terdiri dari empat buah frame : Up , Over, Down & Hit. Pada button tersebut, Anda dapat menambahkan sound effect pada saat mouse over, link ke website, e-mail atau menentukan action dan behavior sebuah target movieclip. Tips : Actionscript digunakan pada symbol Button, bukan pada Timeline. 4. Movie Clip Dalam aplikasi Flash kita mengenal istilah movie clip.Movie clip adalah salah satu symbol yang sangat berguna dalam flash movie. Movie clip bisa terdiri dari object symbol, seperti Graphic symbol yang telah di-tweening atau dianimasikan. Advanced Actionscript bisa ditambahkan pada movie clip untuk kegunaan yang lebih besar. Apa sebenarnya kegunaan movie clip?

  • Sebagai target untuk memasukkan movie clip lain dari server atau symbol dari library.
  • Movie clip yang berada di library panel bisa di panggil ke dalam movie clip kosong dengan menggunakan actionscript.
  • Untuk membuat animasi, seperti animasi untuk Button mouse over atau animasi grafik yang kompleks.
  • Tempat untuk meletakan actionscript.
  • Satu movie clip bisa terdiri dari beberapa movie clip lain.

5. Sound Dengan Flash, kita bisa mengimpor langsung musik dengan format .WAV atau .MP3. Sound bisa digunakan dengan button melalui “timeline property” button symbol tersebut atau di-link dari library dengan actionscript untuk digunakan sebagai background s

Advertisements