Sebelum menyelam masuk ke per-CODINGan di game, mari bicara dikit tentang tile based games. Tiles udah di gunakan lama banget untuk ngebuat game. jika komputer gak punya kecepatan GHz ratusan MB memory. lambat ma terbatasnya kualitas memori artinya game makers harus menggunakan otak mereka dan menciptakan cara untuk membuat game terlihat lebih baik n lebih cepat.

jadi, kamu butuh untuk naruh background yang bagus buat di masukin di game, tapi gambar itu terlalu besar n ngebuat game sangat lamban. Apa yang kudu di lakuin? pecah gambar jadi kayak ubin!

Di gambar itu kamu bisa liat bagian- bagian dari gambar ada yang sama persis. 1 sama ama 2, 3 sama ama 4 n bagian- bagian 5-7 bisa di liat ndiri kan. Jika kamu potong gambar dan n ngerasa bagian itu sama di daerah lain, kamu bisa mbuat tiles ato pengubinan. gambar besar bisa ngebuat file berukuran sangat besar ketimbang tiles ato pengubinan.

keistimewaan lain dari tiles adalah, kalo mungkin kamu pengen replace bagian dari background kamu, lalu kamu gak pengen ngegambar lagi apapun, kamu cuma harus nge-replace 1 tile. Kamu bisa gunain lagi tiles dengan objek lain juga. Buat contoh kamu mungkin sudah nge-tile rumput dan tile lain dengan bunga diatas rumput, lalu kamu bisa ngambil rumput yang sama dan hanya nge gambar bunga duank

Flash n Tiles

kita ketahui dengan baik donk pastinya kalo flash itu berbasis vector, jadi flash file punya ukuran file kecil n kamu bisa ngerubah ukurannya. jadi, kamu butuh tile buat bikin game? Oke, kamu dapat dengan mudah nge-art based games in Flash, tapi jika game area kamu gedhe n kamu pengen kelebihan laen, kamu mungkin sedang dalam masalah. Beberapa hal sangat mudah di lakuin di tile based games (isometric view, pathfinding dan depth sorting to name few). Jangan lupa, tile based games udah ada sejak lama sekali dan banyak teory yang tidak perlu digunakan dengan flash juga.

bagian menyedihkan dari tile based games di flash adalah, itu tidak terlalu memerlukan menggambar atau pengguanaan timeline, game kita terbuat dari actionscript dan berdasarkan itu  kita harus menyatukan kode untuk membuatnya, perbaikan dan modifikasi ada di stage.

Ini juga suatu ide bagus buat make’ bipmap sebagai gambar tiles. Yup, kita dapat menggambar segalanya dalam flash dan ngegunain gambar vektor, tapi jika game di mainkan, pemain harus memperkirakan vektor di layar dan kita gak ingin apaun yang ngebuat game kita jadi lambat. Bitmap adalah pre-rendered dan biasanya terlihat bagus juga. jika kamu pengen ng-import bitmap tiles ke dalam Flash, biasanya yang terbaik adalah menyimpan gambar sebagi gif file dengan background transparant (buat objek)

Advertisements