Nih pengalaman yang gue dapet pas Prakerin di tempat penyedia jasa periklanan ama pas bantuin bikin desain majalah di sekolah. Emang awalnya gue pikir,”alah cuma ngedisen gitu aja kok…”
Tapi, ternyata nggak semua orang bisa kerja didunia periklanan bro…
Butuh orang – orang yang gak biasa! Kalo gak percaya baca aja tulisan gue ini :

SERING – SERINGLAH CUCI DARAH

Ups…apa orang yang kerja didunia advertising mempunyai masalah dengan ginjal?!?!? (karena sering dugem ?, sering minum bir ? ) bukan itu..(walaupun emang ada) tapi yang dimaksud adalah orang –orang periklanan dituntut untuk serba cepat ngikutin perkembangan.

Karena dunia kreatif butuh kesegaran – kesegaran ide dan masukan sehingga apa yang dibuat senantiasa fresh dan menakjubkan…

Kalau gak sempat cuci darah ? siap – siaplah untuk menjadi pengangguran, kalah dalam pitching atau paling banter gaji kamu gak naik – naik…
Paling mentok kamu gak bakal dapat promosi atau bisa jadi harga kamu gak ada nilainya dibursa karir.

PERIKSAKAN JANTUNGMU SECARA RUTIN

Didunia periklanan gak hanya kreatif aja yang di tuntut…tapi ketahanan stamina kamu menghadapi tekanan yang sangat hebat.

Coba kamu bayangin pihak media cetak udah nelponin bolak – balik kalo iklan yang kamu buat gak diterima juga…kamu juga bakal diancem iklan kamu gak dicetak !

Sedangkan kamu hanya punya waktu 1 jam buat mikir dan menyelesaikan design karena materinya baru aja kamu terima dari klien (eits!!! didunia periklanan kamu gak boleh complain ke klien karena klien yang ngasi kamu gaji ) belom lagi Boss udah BT banget karena kamu blom juga ngelarin designnya trus tiba – tiba kompi kamu yang selalu setia nemenin malah hang…! (sedangkan waktu terus berjalan)

Jadi kamu bisa rasainkan gimana beratnya dunia periklanan?… kalo kamu gak bisa ngadepin semua itu… bisa aja kamu langsung mati berdiri atau bengek kambuh….

BIASAKAN UNTUK TIDAK BERKEDIP (APALAGI TIDUR)

Saat kamu dapat tawaran bikin presentasi gitu trus kamu Cuma di beri waktu 1 hari untuk nyiapain semua, sedangkan materinya aja belom siap.

Bersiap – siaplah untuk masuk babak baru yaitu sebuah petualangan seru yang sangat panjang…(kok panjang..?) la iyalah..gimana gak panjang…coba bayangin pas orang – orang udah pada balik kerumah dan udah siap bobo kamu masih mlototin kompi, ngutak – ngatik mouse atau bikin corat – coretan skema buat presentasi yang harus kelar, bahkan sampe subuh masih belom kelar, blom lagi pesan sponsor dari Boss bahwa presentasi ini harus hebat dan bisa langsung dimengerti klien . (hebat Gundulmu bantuin aja kagak!!!pake ninggalin pesan sponsor segala!!!)

KOREK KUPINGMU TIAP HARI

Hal ini sangat berguna sekali karena kupingmu akan sering kamu gunakan untuk dengerin gombalan-gombalan saat brainstorming, briefing kadang umpatan, hujatan, dan caci maki dari Boss karena hasil designmu jelek banget dan gak mutu (kata Boss kamu sich… mungkin klien juga nolak sedangkan kamu bikinnya udah mati-matian).

Dan satulagi kupingmu akan sering digunakan untuk dengerin music lewat earphone karena kamu lagi gak mau diganggu saat lagi ngedisain…. Ada juga sich yang muji hasil karyamu kalo emang dianggap cocok.

SERINGLAH SENAM MUKA

Bukan hanya badan yang kamu jaga biar gak cepet tumbang tapi mukamu juga harus dibiasain senam karena saat ketemu klien dan saat proses pitching, presentasi atau demo kamu bakal nemuin hal – hal yang kamu anggap konyol, katrok dan aneh yang dilakukan klien yang menurut klien itu hebat tapi bikin sakit perut mules pengen kentut trus mau muntah pula tapi…kamu harus pasang tampang senyum dan senang yang dipaksakan seakan – akan kamu turut merasakan ide brilian dia yang sangat norak dan gak berkelas bin kupret.

Susah juga untuk berpura-pura didepan klien tapi inget..klien yang gaji kamu yang bayarin listrik yang bayarin pulsamu dan bayarin akses internetmu jadi kamu harus biasa’in diri berpura-pura agar klien seneng…(gak ada salahnya kok berpura-pura didepan klien sepanjang klien seneng berarti dia masih mau pasang iklan ke kita)

SERING – SERING MAKAN PAKE ATI

Ini yang sangat susah…amat sangat susah… kenapa begitu?

Disaat kamu membuat sebuah karya yang menurutmu sudah sangat bagus dan spektakuler kamu juga udah ngebayangin award udah ada didepan mata dan ternyata….

Karyamu gak digape oleh klien dianggap basi atau apalah…parahnya lagi karyamu hanya dipake Cuma 5% aja trus sisanya ditambahin ini itu yang jadinya kayak pasar kaget.

Kalo kamu kerja di dunia periklanan kamu akan sering ngadepin ini dimana hati nurani berbenturan dengan kepentingan klien..maunya kita gini gak taunya klien maunya gitu.

Jadi bekerja didunia periklanan itu sangat berat selalu menghadapi tingkat stress yang tinggi, spot jantung, jam tidur yang gak tentu, waktu makan yang gak teratur dan masih banyak lagi

Jadi masih berminat masuk didunia periklanan?????

Advertisements